Rupiah Menguat, Gubernur BI: Alhamdulillah

Selasa, 07 April 2020 - 17:54 WIB
Rupiah Menguat, Gubernur BI: Alhamdulillah
Rupiah Menguat, Gubernur BI: Alhamdulillah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah pada Selasa ini terus menguat terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan mata uang Garuda menguat dan menekan USD hingga 1,56%.

"Alhamdulillah nilai tukar rupiah menguat menjadi Rp16.125 per USD, ada penguatan Rp255 atau 1,56% dari penutupan kemarin. Alhamdulillah sejak minggu lalu, langkah yang dilakukan BI untuk nilai tukar diridhai Allah Yang Maha Kuasa, sehingga nilai tukar rupiah bergerak stabil dan menguat," ujar Perry di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Perry mengatakan kondisi keuangan global termasuk Indonesia saat ini masih terdampak Covid-19 dan mempengaruhi pergerakan pasar keuangan di berbagai negara.

Meski demikian, Perry mengatakan Bank Indonesia dan pemerintah terus melakukan koordinasi dan kebijakan untuk menenangkan pelaku pasar.

Karena itu, Perry pun mengucapkan terima kasih kepada pelaku pasar dan eksportir sehingga rupiah bergerak stabil serta cenderung menguat.

Bank Indonesia berkomitmen berada di pasar untuk menstabilkan nilai tukar rupiah, jika diperlukan intervensi maka BI akan mengambil langkah tersebut.

"Insya Allah akhir tahun ini bisa mengarah ke Rp15.000 per USD dan insya Allah akan diridhai. Pemerintah, Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan berupaya untuk menjaga perekonomian dan memulihkan ekonomi ke depan," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4470 seconds (0.1#10.140)