PLN siap operasikan 4 pembangkit baru

Jum'at, 06 Januari 2012 - 18:02 WIB
PLN siap operasikan 4 pembangkit baru
PLN siap operasikan 4 pembangkit baru
A A A
Sindonews.com - Memasuki tahun 2012, PT PLN (Persero) bersiap mengoperasikan empat pembangkit listrik di empat daerah yang berbeda.

"Pembangkit listrik yang siap beroperasi pada tahun ini diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulu Belu di Lampung, pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Poso dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sukabumi," ujar Kepala Divisi Energi Baru dan Terbarukan PLN Mochamad Sofyan, Jumat (6/1/2012).

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang akan dioperasikan di Ulu Belu Lampung ditargetkan siap antara bulan Juni sampai Oktober 2012 dengan kapasitas 2x55 MW. Sofyan menegaskan PLTP yang sedang dalam proses ini nantinya akan menambah pasokan daya sebesar 140 MW ke PLN setempat, namun PLTP ini juga akan dikerjakan PLN sendiri dimana uapnya akan dibeli dari PT Pertamina Geothermal Energy dengan harga uap sebesar USD4,2 sen per kWh.

Sofyan juga menyampaikan PLN akan mengoperasikan secara penuh PLTP Lahendong unit empat berkapasitas 20M W di Sulawesi Utara. "Lahendong unit empat ini sudah commissioning saat ini. Dia tinggal reability run selama satu bulan. Jadi dalam bulan Februari ini proyek tersebut sudah Commercial on Date (COD),” lanjutnya.

Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) akan dioperasikan di daerah Poso Sulawesi Utara yang berkapasitas 3x65 MW. "PLTA ini jelasnya dikerjakan oleh pengembang listrik swasta yaitu Poso Energy. Harganya saya lupa persisnya, tapi sekitar USD6,9 sen per Kwh,” jelas Sofyan.

Dirinya menambahkan pihaknya akan menandatangani kontrak kerja sama pengadaan listrik tenaga angin atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sukabumi, Jawa Barat. ”Untuk PLTB sekarang kita baru mau tanda tangan kontrak, di Jawa Barat, sebesar 10 MW, tapi dia butuh konstruksinya mungkin sekitar dua tahun. Dan itu dikerjakan swasta,” pungkasnya

Sebagai proyeksi kedepannya PLN tahun ini juga akan memprogramkan untuk mengoperasikan sejumlah proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berskala kecil yang tersebar di sejumlah lokasi dengan total kapasitas 20 MW. Sofyan menambahkan untuk tahun ini PLN memprogramkan 20 MW untuk PLTS yang tersebar di Indonesia Barat dan sebagian besar di Timur. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6284 seconds (0.1#10.140)