Pariwisata sumbang Rp80 Triliun ke APBN

Senin, 16 Januari 2012 - 19:17 WIB
Pariwisata sumbang Rp80 Triliun ke APBN
Pariwisata sumbang Rp80 Triliun ke APBN
A A A
Sindonews.com - Sektor pariwisata masih menjadi primadona dan tangguh dari berbagai krisis terbukti dengan sumbangan penerimaan ke APBN tahun 2011 mencapai Rp80 triliun.

"Sektor pariwisata memiliki daya tahan terhadap krisis dan akan tetap stabil. Tahun lalu sumbangan ke APBN sebesar Rp80 triliun," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di sela penyambutan kapal pesiar The Legend of The Seas di Pelabuhan Benoa, Senin (16/1/2012).

Meski situasi perekonomian global tengah dilanda krisis tetap tidak mempengaruhi minat wisatawan datang ke Indonesia yang terus mengalami peningkatan.

Dari target kunjungan wisatawan asing tahun lalu sebesar 7,7 juta yang telah terlampaui. Sehingga tahun 2012 target kunjungan turis ke Indonesia dinaikkan sebesar 8 juta orang.

Salah satu yang memberi kontribusi penerimaan sektor pariwisata adalah kedatangan kapal pesiar yang mengangkut ribuan turis seperti saat ini dengan datangnya kapal The Legend of The Seas.

Berbagai upaya terus dilakukan seperti meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar mewah di sejumlah pelabuhan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pelabuhan Benoa yang meningkatkan fasilitas seperti pengerukan kolam dan pemotongan karang sehingga memungkinkan kapal pesiar bisa bersandar.

Sebagai gambaran tahun ini ada sekira 36 kapal pesiar yang tercatat akan singgah ke Indonesia dan datang sebanyak 213 kali. Mereka di antaranya akan singgah ke sejumlah pelabuhan di Bali sebanyak 49 kedatangan kapal.

"Bisa dibayangkan, kalau sekali kunjungan minimal membawa 1.000 orang dari berbagai negara, maka berapa jumlah wisatawan yang akan datang dan memberi sumbangan bagai penerimaan sektor pariwisata,” ucap Sapta.

Hal senada disampaikan General Manager Pelabuhan Benoa Iwan Sabatini, dalam menyambut wisatawan, pihaknya terus melakukan pembenahan fasilitas layanan pelabuhan.

“Kami telah bersiap menyambut program pemerintah dalam koridor masterplan MP3EI tahun 2012 ini, dimana Bali akan didatangi 38 kapal pesiar,” imbuhnya. (ank)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)