Revitalisasi LNG Arun, Pertamina siapkan USD80 juta

Selasa, 17 Januari 2012 - 20:11 WIB
Revitalisasi LNG Arun, Pertamina siapkan USD80 juta
Revitalisasi LNG Arun, Pertamina siapkan USD80 juta
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) menganggarkan USD80 juta untuk revitalisasi terminal Liquidfied Natural Gas (LNG) Arun.

Hal ini disampaikan Senior Vice President Pertamina Nanang Untung yang ditemui dalam acara kebijakan pemanfaaat gas bumi di Hotel Le-Meredien, Jakarta, Selasa (17/1/12).

"Untuk revitalisasi kilang Arun menjadi terminal LNG ini, pihaknya menganggarkan USD80 juta. Dana tersebut menurutnya hanya akan digunakan untuk mengembangkan kapasitas terminal LNG hingga tiga juta ton per tahun (mtpa) atau setara pasokan LNG sebanyak 320 mmscfd," ujar Nanang.

Menurutnya dana tersebut lebih murah dibandingkan harus membangun Floating Storage Regasification Unit (FSRU) yang mencapai USD400-USD600 juta. "Karena di kilang Arun ini sudah tersedia pelabuhan dan tangki penampungan," tegasnya.

Dirinya mengatakan kapasitas terminal Arun ini akan lebih besar lima kali lipat dibandingkan FSRU Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Belawan karena memiliki lima tangki yang setara dengan lima kapal FSRU.

"Sedangkan ketiga FSRU itu masing-masing hanya memiliki satu kapal dengan kapasitas 125ribu m3 atau setara 180 mmscfd atau 1,5 mtpa. Oleh karena itu, kami mengembangkan kapasitas kelima kapal itu, maka kapasitas bisa meningkat menjadi sekitar tujuh mtpa," jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan inilah yang menjadi alasan pihaknya mengelola terminal Arun karena kapasitas yang lebih besar ketimbang FSRU.

"Untuk pasokan memang sedang diusahakan, kami maunya dari kilang Tangguh karena itu yang menurut kami bisa available," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6505 seconds (0.1#10.140)