Anthoni Salim incar Philippine Airlines

Selasa, 07 Februari 2012 - 17:38 WIB
Anthoni Salim incar Philippine Airlines
Anthoni Salim incar Philippine Airlines
A A A
Sindonews.com - Presiden Salim Grup, Anthoni Salim tengah mengincar maskapai asal negara Filipina, Philippine Airlines. Anthoni Salim, melalui perusahaannya yang berbasis di Hong Kong, yakni First Pasific mengincar maskapai penerbangan yang dimiliki taipan Filipina Lucio Tan. Dengan demikian, Anthoni Salim bersaing dengan San Miguel Corp.

Lucio Tan sudah mengatakan pada Januari lalu akan menjual kepemilikannya di maskapai penerbangan tersebut, tapi dengan harga yang tepat. Lalu San Miguel mengatakan kepada bursa efek Filipina pihaknya tengah dalam pembicaraan untuk akuisisi maskapai tersebut.

CEO First Pacific Manny Pangilinan, seperti dikutip dari Forbes, Selasa (7/2/2012), disebut telah menawar maskapai tersebut di harga USD700 juta, termasuk untuk mengakuisisi anak perusahaan dari maskapai tersebut Air Phils.

Seperti perusahaan penerbangan lainnya, Philippine Airlines tengah berjuang untuk membayar beban gaji karyawan yang terus meningkat, biaya bahan bakar yang tinggi dan persaingan yang ketat di bisnis aviasi.

Agar dapat berkembang, perusahaan ini juga sangat membutuhkan untuk meng-upgrade armadanya yang mulai tua dalam rangka meningkatkan standar keamanannya, juga untuk memperluas pangsa pasarnya hingga ke rute Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Lucio Tan, merupakan orang terkaya kedua di Filipina pada 2011 dengan memiliki USD2,8 miliar pada kekayaan bersih. Dia lebih memilih untuk berinvestasi dalam bisnis lain, yakni bisnis properti di Hong Kong melalui Eton Properties dan bisnis tembakau melalui Fortune Tobacco.

Sebelumnya, First Pacific menyatakan minatnya untuk mengakuisisi Bandara Manila, jika pemerintah Filipina memutuskan untuk memprivatisasi itu. Di sisi lain, San Miguel juga mengungkapkan ketertarikannya pada proyek infrastruktur dan berencana untuk investasi sebesar USD300 juta untuk meng-upgrade bandara untuk Borocay, sebuah pulau resort populer di Filipina Selatan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4922 seconds (0.1#10.140)