Proyek kabel bawah laut segera dilelang PLN

Kamis, 16 Februari 2012 - 19:43 WIB
Proyek kabel bawah laut segera dilelang PLN
Proyek kabel bawah laut segera dilelang PLN
A A A
Sindonews.com - PT PLN (Persero) akan melelang pembangunan proyek kabel transmisi bawah laut ruas Sumatera-Jawa sepanjang 700 kilometer dan berkapasitas tegangan 500 kilo volt (kV) di triwulan ketiga 2012 dengan nilai proyek sebesar USD2 miliar.

Direktur Konstruksi PLN Nasri Sebayang mengatakan, saat ini PLN sedang menyiapkan dokumen tender proyek kabel listrik yang menghubungkan Bangko Tengah, Sumatera Selatan ke Bogor, Jawa Barat.

"Nanti dilanjutkan prakualifikasi dan lelang pada triwulan ketiga 2012," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Dia menjelaskan, proyek tersebut terbagi dalam empat paket pekerjaan, antara lain kabel transmisi jaringan bawah laut tegangan searah (direct current/DC), transmisi DC berlokasi di darat, pembangunan dua paket gardu induk yang mengubah arus bolak-balik (alternating current/AC) ke DC di Bangko Tengah dan Bogor, serta paket terakhir pengerjaan arus AC.

"Kami berharap di 2013 pengerjaan proyek ini mulai berjalan sehingga diharapkan rampung Februari 2016," tegasnya.

Menurutnya, proyek tersebut telah mendapatkan komitmen pendanaan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sebesar USD1,7 miliar. Sedangkan sisanya diambil dari dana internal PLN.

"Dipilihnya proyek kabel arus DC, karena pertimbangan ekonomis, terkait susut daya listrik. Kalau menggunakan arus AC, susut daya listrik bisa mencapai 20 persen, namun dengan DC hanya lima persen," tukas dia. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)