138.320 gakin segera terima BLT

Selasa, 13 Maret 2012 - 10:08 WIB
138.320 gakin segera terima BLT
138.320 gakin segera terima BLT
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Kuningan mendata 138.320 keluarga miskin segera mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan bahan bakar minyak pada April mendatang.

Kepala Seksi Ingrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Kuningan Hanny Syuhada mengatakan, jumlah penerima BLT di Kabupaten Kuningan mencapai 138.320 orang. Data tersebut merupakan hasil pendataan yang dilakukan langsung pada Juni 2011.

“Jumlah tersebut berdasarkan pendataan kami pada bulan Juni 2011 lalu dan sudah diserahkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat,” kata Hanny, Senin 12 Maret 2012.

Dalam proses pendataan tersebut, kata Hanny, penentuan keluarga yang tergolong miskin masih berdasarkan 14 kategori yang telah ditetapkan, di antaranya berdasarkan pertimbangan kondisi rumah mulai dari lantai, dinding, dan atapnya hingga penghasilan kepala keluarga.

“Jika sebuah keluarga termasuk dalam sebagian besar kriteria tersebut, maka dinyatakan miskin,” ujar Hanny.

Dia mengatakan, hasil pendataan tersebut kemudian oleh TNP2K akan dikaji ulang untuk selanjutnya diurutkan. Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Beni Prihayatno mengungkapkan, pihaknya hingga kini belum mendapat petunjuk untuk menangani masalah BLT terkait rencana kenaikan harga BBM mendatang.

Namun, pada Rakornas tentang Kesejahteraan Sosial di Lembang, Bandung, beberapa waktu lalu dibahas tentang instruksi untuk semua Dinsos menyosialisasikan tentang BLT dan beasiswa bagi masyarakat miskin sebagai kompensasi pemberlakuan kenaikan harga BBM tersebut.

“Hingga saat ini kami belum ada koordinasi ataupun petunjuk teknis pelaksanaan pembagian BLT pascakenaikan harga BBM nanti. Namun, kami diimbau untuk mulai menyosialisasikan kepada warga tentang pembagian BLT sebagai kompensasi kenaikan harga BBM,” kata Beni. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5265 seconds (0.1#10.140)