Penghematan anggaran disepakati Rp18,9 T

Selasa, 13 Maret 2012 - 17:44 WIB
Penghematan anggaran disepakati Rp18,9 T
Penghematan anggaran disepakati Rp18,9 T
A A A


Sindonews.com - Dalam Rapat Kerja antara Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dengan Kementerian Keuangan akhirnya menyepakati Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) yang diajukan pemerintah. Dalam RKA-KL tersebut di antaranya upaya penghematan sebesar Rp18,9 triliun.

Menurut Menteri Keuangan Agus DW Martowadojo, dalam perencanaan pemerintah memang akan melakukan penghematan sebesar Rp22 triliun. Akan tetapi dikarenakan beberapa kendala, penghematan melalui pemotongan anggaran tersebut dilakukan sebesar Rp18,9 triliun.

"Ada anggaran yang dipotong Rp18,9 triliun, kita rencananya mau motong Rp22 triliun. Kenapa jadi Rp18,9 triliun? karena ternyata yang lain itu sudah ditender, banyak yang tidak bisa dilakukan," kata Agus seusai melaksanakan Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2012).

Jika dirinci lagi, dari angka Rp18,9 triliun, disampaikan Agus, ada terselip belanja modal sebesar Rp1 triliun. Menurutnya, belanja modal tersebut terdiri dari beberapa kementerian lembaga dan umumnya adalah belanja-belanja modal yang tidak bisa direalisasikan di 2012.

"Penyebabnya karena proyek pengadaannya. Kita sudah hitung dan tidak bisa dicairkan pada tahun 2012. Makanya tadi ada pembicaraan tentang beberapa Kementerian Lembaga yang dipotong belanja modalnya," jelasnya.

Terkait dengan program remunerasi, Agus menyatakan tidak ada pemotongan sama sekali. "Tidak dipotong, jadi Kementerian Lembaga yang sudah menyelesaikan program remunerasi dan direview oleh tim independen dan tim policy assurance dari tim reformasi birokrasi tetap bisa dilakukan," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8005 seconds (0.1#10.140)