Kenaikan BBM mendekat, harga sembako terus meroket

Selasa, 27 Maret 2012 - 17:01 WIB
Kenaikan BBM mendekat,...
Kenaikan BBM mendekat, harga sembako terus meroket
A A A
Sindonews.com - Harga Bahan Bakar (BBM) bersubsidi yang hampir pasti naik pada awal April mendatang, telah memicu kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Para pedagang beralasan kenaikan harga telah terjadi di tingkat distributor.

Kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara, pada minggu terakhir menjelang kenaikan harga BBM sudah semakin tidak terkendali.

Kenaikan harga hampir terjadi setiap hari seiring dengan semakin pastinya pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM pada 1 April mendatang.

Harga gula pasir naik dari Rp11 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram, harga minyak goreng curah naik dari Rp10.500 menjadi Rp12 ribu per kilogram, sementara telur ayam naik dari Rp21 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah juga terus merambat naik dari Rp 27 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga beras berbagai jenis sperti C-4 dan IR-64 hingga kini relatif masih stabil pada kisaran Rp5.500 hingga Rp6.000 rupiah per kilogram, karena musim panen di Mandailing Natal yang membuat produski beras lokal membanjiri pasar.

"Kenaikan harga terjadi sudah dari tingkat distributor," ujar salah satu pedagang Rohman, Selasa (27/3/2012).

Naiknya harga BBM memang banyak menimbulkan gejolak di tengah-tengah masyarakat, betapa tidak kenaikan harga BBM sudah pasti akan memicu naiknya harga komoditi lain seperti sembako.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0453 seconds (0.1#10.140)