Oktober, kuota BBM dipastikan jebol

Senin, 28 Mei 2012 - 10:56 WIB
Oktober, kuota BBM dipastikan jebol
Oktober, kuota BBM dipastikan jebol
A A A


Sindonews.com - Kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi untuk tahun 2012 ini dipastikan akan kembali jebol sebelum waktunya. Walaupun pemerintah telah menerapkan pengaturan konsumsi BBM, namun jatah 40 juta kilo liter (kl) BBM dipastikan akan tetap jebol sebagaimana terjadi di tahun sebelumnya.

Bahkan berdasarkan prediksi, di bulan Oktober 2012 kuota BBM bersubsidi akan habis. Sehingga mesti ada proses pengajuan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk melakukan penambahan sebelum Oktober.

"Kita belum proses, ini masih bulan Juni, diperkirakan ini nanti akan habis jatah 40 juta KL itu kira-kira di Oktober, sebelum itu kita pasti ajukan," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, seusai membuka Sidang Dewan Energi Nasional (DEN) di kantornya, Jakarta, Senin (28/5/2012).

Sejauh ini, Jero menuturkan bahwa pemerintah memang belum melakukan proses apapun. Mekanisme baku, menurutnya sudah ada, jadi ketika tiba waktunya, maka itu akan dijalankan.

"Kan ini baru wacana-wacana, prediksi kita akan kurang 40 juta kl yang diberikan, jadi kemungkinan kita akan ajukan, tapi nanti ada mekanismenya," jelasnya.

Dengan adanya program penghematan yang akan dilaksankan pada 1 Juni nanti, maka Jero juga belum dapat memastikan berapa juta kl tambahan BBM bersubsidi yang akan diajukan ke DPR. Walaupun pada targetnya, dari 47 juta kl yang dimungkinkan terjadi tanpa program penghematan apapun, maka setelah ada program penghematan kuota hanya akan bertambah sekira dua juta KL, menjadi 42 juta kl. "Nanti kita hitung," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6848 seconds (0.1#10.140)