Tender frekuensi 3G tetap Juni 2012

Selasa, 12 Juni 2012 - 10:15 WIB
Tender frekuensi 3G tetap Juni 2012
Tender frekuensi 3G tetap Juni 2012
A A A


Sindonews.com - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menegaskan, tender kanal 11 dan 12 frekuensi 3G akan tetap dilaksanakan pada bulan Juni 2012. “Bulan Juni ini akan ada seleksi tender dan konsultasi publik,” ujar Tifatul di Jakarta kemarin.

Menurut Tifatul, hingga saat ini progress tender berjalan cukup baik.Permasalahan kebocoran kanal 12 oleh sinyal Smart nantinya akan dibersihkan oleh Smart dan juga operator pemenang tender. Selain itu, baik Smart maupun pemenang tender nantinya juga bertugas memasang filter agar sinyalnya tidak bocor.

“Smart serta pemenang tender harus melakukan pembersihan dan pemblokiran sinyal frekuensi yang bocor dengan memasang filter di kanal 12,” kata Tifatul.

Tifatul berharap, pemenang tender harus mempunyai teknologi yang lebih canggih untuk menghindari kebocoran dan memblokir kebocoran tersebut. Pemerintah pun akan mengontrol pembersihan kanal 12 tersebut.

“Sekarang adalah momentum yang tepat untuk menggelar tender 3G. Semoga di bulan Juni ini semua terealisasikan,” ujar Tifatul.

Tifatul berdalih, mundurnya pelaksanaan tender dari rencana kuartal I 2012 karena saat ini masih ada kebocoran sinyal frekuensi Smart.

Sejauh ini sudah ada empat operator 3G yang berminat menambah kanal frekuensinya. Mereka adalah Telkomsel, XL Axiata, Axis Telekom Indonesia, serta Hutchinson CP Telecom Indonesia.

Anggota Komisi 1 DPR RI Roy Suryo mengingatkan agar tender 3G jangan sampai molor lagi mengingat operator sangat membutuhkan kanal 11 dan 12 untuk memperbaiki kualitas layanan kepada pelanggan.

“Sebenarnya sudah beberapa kali kami ingatkan saat rapat dengar pendapat di Komisi I, bahkan kesimpulan terakhir menyatakan bahwa setelah tender kanal 11-12, harus ada kocok ulang agarsemuanya dapatkanalyang ‘bersebelahan’, tidak ada yang berjauhan seperti sekarang, karena kasihan yang dapat seperti itu, relatif tidak bisa maksimal dipakai,” ujarnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6626 seconds (0.1#10.140)