BI tentukan suku bunga acuan hari ini

Kamis, 12 Juli 2012 - 09:46 WIB
BI tentukan suku bunga acuan hari ini
BI tentukan suku bunga acuan hari ini
A A A
Sindonews.com - Hari ini Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) terkait kondisi perekonomian terkini. Rapat tersebut, merupakan agenda bulanan dari BI untuk menentukan suku bunga acuannya.

Setelah RDG tersebut, Gubernur BI Darmin Nasution juga akan mengadakan pemaparan terkait kondisi perekonomian terkini dan bagaimana BI akan bersikap untuk mengatasi kondisi tersebut. Pemaran ini, biasa dilakukan setelah adanya review selama satu kuartal.

Sekadar informasi, BI telah mematok suku bunga acuan BI rate di level 5,75 persen. BI menilai tingkat suku bunga ini masih sesuai dengan kondisi saat ini. Suku bunga acuan ini, telah ditahan BI sejak Februari 2011.

BI menilai tingkat suku bunga tersebut dinilai masih konsisten dengan prakiraan inflasi ke depan yang tetap rendah dan terkendali di dalam kisaran sasaran yang ditetapkan, yaitu 4,5 persen plus minus 1 persen pada 2012 dan 2013.

Selain itu, untuk mengelola tekanan pelemahan nilai tukar dari emburuknya krisis di Eropa dan sentimen negatif pasar keuangan global, BI mendorong peningkatan pasokan valuta asing ke pasar agar pergerakan rupiah tetap sejalan dengan pergerakan nilai tukar kawasan Asia dan kondisi fundamental perekonomian Indonesia.

Di samping menjaga kecukupan likuiditas baik di pasar rupiah maupun pasar valuta asing, BI juga memperkuat operasi moneter dan pendalaman pasar keuangan, termasuk melalui pengembangan instrumen moneter valuta asing.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5181 seconds (0.1#10.140)