Disperindag Jabar panggil pengusaha ayam DOC

Jum'at, 13 Juli 2012 - 15:07 WIB
Disperindag Jabar panggil pengusaha ayam DOC
Disperindag Jabar panggil pengusaha ayam DOC
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Ferry Sofwan mengatakan, pihaknya akan memanggil para pengusaha/peternak anak ayam (DOC) pada Selasa 17 Juli 2012 mendatang terkait mahalnya harga daging ayam.

Kata Ferry, tingginya harga ayam karena mahalnya DOC yang harganya ditetapkan oleh para pengusaha/peternak besar.

"Kita akan undang bagaimana dan kenapa DOC bisa mahal. Selasa depan akan ada pertemuan gabungan pengusaha termasuk dengan Komisi B (DPRD Jabar)," kata Ferry, di Bandung, Jumat (13/7/2012).

Dia berjanji, DPRD dan Pemprov Jabar akan konsens untuk membahas persoalan ayam ini. Namun, masalahnya bukan di hilir (harga) tetapi dari hulunya yakni yang menetakan harga. "Ya enggak ujug-ujug (tiba-tiba) dari harga, kita bahas dari belakang dulu (dari peternak)," katanya.

Dia menuturkan, Kamis 12 Juli kemarin ada pertemuan dengan Persatuan Pasar dan Warung Tradisional (Pesat) Jawa Barat dengan Komisi B DPRD Jabar dan Disperindag Jabar.

Pesat Jabar, kata Ferry, meminta pemerintah untuk melihat harga ayam dari berbagai sisi, meliputi DOC, vaksin, pakan, operasional, kematian DOc, dan lainnya. Dari berbagai komponen tersebut, maka harga ayam mencapai Rp32 ribu di pengecer.

Dalam pertemuan itu, lanjut Ferry, Komisi B sudah menyampaikan supaya ada keseimbangkan keuntungan antara perternak yang mengembangjan DOC selama 35 hari, dengan pedagang yang menjual hanya dalam waktu satu sampai tiga hari.

"Jangan sampai pedagang yang menjual dalam waktu satu sampai tiga hari dengan untung yang besar. Jadi harus ada keseimbangan keuntungan," katanya.

Ferry berharap, dalam pertemuan dengan peternak nani ada kesepakatan untuk menyeimbangkan keuntungan. "Sehingga harapannya harga jual tidak mahal di pengecer," katanya.

Lanjutnya, saat ini harga DOC mencapai Rp6.000. Dia khawatir, menjelang lebaran harga DOC makin melambung. Untuk itu, pertemuan dengan pengusaha/peternak DOC nanti, bisa dihasilkan jalan keluarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pesat Jabar yang menghimpun para pedagang ayam menyerukan mogok jualan sebelum adanya penurunan harga ayam dari pengusaha/peternak. Aksi mogok dilakukan dua hari, yakni Kamis dan Jumat ini.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5401 seconds (0.1#10.140)