Kemendag gelar kompetisi untuk industri rotan bambu

Rabu, 25 Juli 2012 - 14:24 WIB
Kemendag gelar kompetisi untuk industri rotan bambu
Kemendag gelar kompetisi untuk industri rotan bambu
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfokuskan salah satu dukungannya di bidang industri kerajinan pada upaya peningkatan nilai tambah produk-produk kerajinan rotan dan bambu yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi.

Untuk mewujutkan dukungan tersebut, Kemendag mengadakan dua kompetisi sekaligus, yakni Desain logo & Tagline dan Desain Furnitur Rotan Bambu 2012.

"Kompetisi ini langkah awal mendukung industrialisasi rotan dan bambu Indonesia, sekaligus sebagai upaya ciptakan creativepreneur baru di bidang desain," terang Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Gusmardi Bustami pada sambutan launching kompetisi tersebut di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (25/7/2012).

Dari perlombaan tersebut, nantinya akan diambil sepuluh pemenang utama pada tiap kompetisi untuk dipertandingkan lagi pada Grand Final Kompetisi di Jakarta, serta pemilihan pemenang terfavorit melalui polling di website dan Facebook.

"Dua pemenang utama desain furnitur diberi hadiah sebesar Rp25 juta dan pemenang utama desain logo tagline sebesar Rp15 juta. Khusus sepuluh pemenang utama pada kategori kompetisi desain furnitur rotan dan furnitur bambu akan diudang untuk mengikuti workshop di Bandung," tambah Gusmardi.

Selain mengikuti workshop, para pemenang juga akan diberi modal sebesar Rp2 juta per orang sebanyak 20 orang untuk membuat prototipe dari desain mereka. "Mereka juga akan mendapat kesempatan melakukan studi banding ke Jepang," ungkap Gusmardi.

Sementara untuk kategori lainnya, yakni kompetisi desain logo dan tagline, diharapkan dapat tercipta sebuah strategi Nation Branding yang efektif dalam rangka mengkampanyekan produk-produk kerajinan berbahan baku rotan dan bambu Indonesia.

"Desain-desain inilah yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar dalam dan luar negeri. Terutama, para pengusaha mau memanfaatkan hasil karya disainer lokal yang tidak kalah dengan disainer luar pada produk furnitur rotan bambu mereka," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)