Usia kereta Lebaran rata-rata berusia 40 tahun

Jum'at, 03 Agustus 2012 - 14:37 WIB
Usia kereta Lebaran rata-rata berusia 40 tahun
Usia kereta Lebaran rata-rata berusia 40 tahun
A A A
Sindonews.com - Sejumlah kereta api yang diterjunkan untuk angkutan Lebaran rata-rata berusia 40 tahun. Namun demikian PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjamin armada tersebut masih laik jalan untuk menghadapai angkutan Lebaran 2012.

Menurut Humasy PT KAI Daop VII Sri Winarto, sejumlah kereta api yang dioperasikan ini sudah dinyatakan Siap Operasi (SO) menghadapi Lebaran 2012 ini. "Sejumlah armada kereta api meski sudah berusia 40 tahun namun untuk angkutan Lebaran tahun ini masih layak. Dan memang usianya rata-rata seperti itu," ujar Sri kepada Wartawan, Jum'at (3/8/2012).

Pihaknya juga melakukan sejumlah persiapan untuk memyambut musim mudik dan balik. Yakni perawatan berkala di sejumlah armada. Seperti perawata harian, mingguan hingga bulanan.

"Ya kita rutin melakukan perawatan dengan sedetail mungkin. Ibarat mobil, kita melakukan turun mesin, baik perbaikan rangka, As roda, maupun Body," jelasnya.

Selain perawatan berkala, agar kereta api layak jalan, tim sertifikasi kelayakkan dan Tim Quality Control ikut memonitor. Sehingga, jika armada ada yang dinyatakan tidak layak maka tim langsung menginformasikan kepada Kementrian Perhubungan. "Intinya PT KAI siap dalam menyambut angkutan Lebaran," tukasnya.

Sekedar diketahui PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, mencatat terdapat 380 unit armada gerbong KA yang usianya berumur 40 Tahun. Rata-rata adalah unit gerbong penumpang kelas ekonomi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9363 seconds (0.1#10.140)