Lebaran, BRI Yogyakarta optimalkan layanan ATM

Senin, 06 Agustus 2012 - 10:17 WIB
Lebaran, BRI Yogyakarta optimalkan layanan ATM
Lebaran, BRI Yogyakarta optimalkan layanan ATM
A A A

Sindonews.com
– Setiap Lebaran tiba, transaksi keuangan dan perbankan di wilayah DIY selalu mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Kondisi ini tidak lepas dari banyaknya masyarakat yang melakukan transaksi tunai. BRI wilayah DIY, akan memaksimalkan keberadaan ATM dengan jaminan ketersediaan stok uang yang cukup.

Kepala Cabang BRI Cik Di Tiro Yogyakarta, Hendra Padmana, mengatakan hampir setiap Lebaran, BRI akan banyak menerima lonjakan transaksi keuangan. BRI merupakan satu-satunya perbankan yang memiliki kantor unit di setiap kecamatan. Setiap unit ini juga dilengkapi dengan mesin ATM.

“Kita miliki lebih dari 200 ATM di DIY, ini yang akan menjadi solusi mengatasi lonjakan,” jelas Hendra.

Menurutnya,tingkat transaksi keuangan di BRI cukup tinggi. Dalam kondisi normal,setiap mesin bisa melayani 500 transaksi, yang kebanyakan berupa penarikan tunai. Sedangkan untuk kondisi ramai, pada ATM di lokasi strategis, penarikan ini bisa mencapai 900 transaksi. Rata-rata setiap mesin ATM butuh Rp1 miliar setiap minggunya.

Menghadapi Lebaran nanti, intensitas pengisiang uang akan dioptimalkan. Jika sebelumnya hanya tiga hari sekali, nantinya akan ada ATM yang diisi setiap hari sekali. Dengan cara inilah, BRI akan memberikan layanan maksimal dalam perbankan.

“Penambahan ini sebenarnya sudah kita lakukan sejak liburan lalu,” jelasnya.

Hendra menengarai lonjakan yang mulai terasa sejak bulan puasa ini, akan terus terjadi hingga usai lkebaran nanti. Biasanya pada H+5 atau H+7 kondisi akan kembali normal. Nantinya lonjakan akan kembai terjadi pada bulan Oktober hingga tahun baru.

Di hari Lebaran nanti, beberapa kantor layanan BRI akan tetap buka untuk memberikan kenyamanan terhadap nasabah. Beberapa titik seperti kantor kas di Bandara, Stasiun dan Terminal akan tetap buka melayani transaksi kecuali transaksi kredit.

Pada akhir pekan kemarin, BRI juga menggelar acara sosial buka bersama dengan anak-anak dari 5 Panti Asuhan dan 1 Sekolah Dasar. Pada kesempatan ini, juga diberikan bantuan paket sembako dan bantuan dana pembangunan untuk masing-masing panti. Sementara untuk SD, BRI memberikan bantuan fasilitas seragam gratis kepada anak-anak yang kurang beruntung.

“Kita juga akan berikan santunan kepada orang-orang yang kurang diperhatikan seperti penjaga makam, takmir masjid, petugas pemadam kebakaran dan lain-lainnya,” tandasnya.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6519 seconds (0.1#10.140)