Penukaran uang, BI Padang siapkan Rp1,8 T

Senin, 06 Agustus 2012 - 13:06 WIB
Penukaran uang, BI Padang siapkan Rp1,8 T
Penukaran uang, BI Padang siapkan Rp1,8 T
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) Padang, Sumatera Barat, menyediakan uang pecahan kecil untuk ditukar menjelang Lebaran senilai Rp1,8 triliun.

“Uang akan ditukar itu mulai pecahan Rp1.000 sampai Rp20 ribu,” kata Kasir Senior BI Padang, Sumbar, Pinto Satiyono, di jalan Jendral Sudirman, Padang, Senin (6/8/2012).

Uang yang disediakan tahun ini, lanjut Pinto, meningkat dibanding tahun lalu yang tersedia uang senilai Rp1,39 triliun. “Untuk tahun ini diproyeksikan akan mengeluarkan uang Rp1,5 triliun,” ungkapnya.

Untuk kelancaran penukaran uang ini, BI kerja sama dengan beberapa bank, yakni BRI, BRI Syariah, BNI, Bank Mandiri, Bukopin, BTN, BCA dan Bank Nagari.

“Jasa pertukaran uang ini disiapkan di komplek Gor H Agus Salim, Padang, mulai 1 sampai 15 Agustus mendatang. Selain itu disediakan mobil yang melayani jasa penukaran uang tapi mobil tersebut berpindah-pindah tempat,” ungkapnya.

Menurut Pinto, dalam sehari BI mengucurkan uang Rp3 miliar. Sebelumnya hanya Rp2 miliar, tapi karena jumlah permintaan masyarakat dan instansi meningkat, akhirnya naik menjadi Rp3 miliar sehari.

“Untuk instansi menukarkan uang ke kantor BI, namun sebelum instansi menukar uang, sehari sebelumnya menghubungi BI,” jelasnya.

Sementara untuk masyarakat umum, jika tahun lalu menukar uang harus di kantor BI, untuk tahun ini di persilakan menukar di komplek Gor H Agus Salim, Padang.

Selain itu, BI juga menyediakan layanan di beberapa Kota di Sumatera Barat, seperti Bukittinggi di Jam Gadang dan Kota Payakumbuh di depan kantor Wali Kota.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5386 seconds (0.1#10.140)