Kemendag cari pasar ekspor ke Afrika

Rabu, 03 Oktober 2012 - 08:30 WIB
Kemendag cari pasar ekspor ke Afrika
Kemendag cari pasar ekspor ke Afrika
A A A
Sindonews.com - Menurunnya ekspor Indonesia ke sejumlah negara tujuan utama ekspor, seperti Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Uni Eropa mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencari pasar ekspor baru ke kawasan Afrika.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Deddy Saleh yang baru saja pulang dari kunjungannya ke sejumlah negara Afrika, seperti Kenya dan Tanzania mengungkapkan, pihaknya sedang berupaya meningkatkan ekspor ke sejumlah negara Afrika.

“Perdagangan kita dengan negara-negara Afrika selalu surplus walaupun kecil, sekitar USD40 juta. Kita garap pasar Afrika, kalau surplus-surplus kecil itu diakumulasikan tentu akan besar juga nilainya,” kata dia di Jakarta, kemarin (2/10/2012).

Lebih lanjut Deddy mengatakan, pembukaan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Nairobi, Kenya dimaksudkan untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Kenya dan negara Afrika lainnya. “Saya sendiri mengusulkan untuk menempatkan ITPC di Nairobi, Kenya,” imbuhnya.

Kementerian Perdagangan saat ini memang tengah menjajaki peningkatan kerja sama di bidang perdagangan dengan sejumlah negara Afrika dan Amerika Selatan. Pasalnya, meski volume dan nilai ekpor ke negara-negara tersebut minim, namun memiliki prospek besar untuk tumbuh.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7710 seconds (0.1#10.140)