Pemerintah tingkatkan ekspor ke Afrika

Kamis, 04 Oktober 2012 - 11:04 WIB
Pemerintah tingkatkan ekspor ke Afrika
Pemerintah tingkatkan ekspor ke Afrika
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mengaku optimistis untuk memperluas wilayah ekspor ke pasar-pasar baru. Afrika dan Amerika Latin merupakan pasar ekspor baru yang sedang diseriusi pemerintah.

Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mengaku masih optimistis terhadap peluang pasar ekspor baru tersebut. Menurut dia, hingga saat ini ada peningkatan angka ekspor yang signifikan, meski nilainya belum terlalu besar.

"Afrika sudah tercatat naik 300 persen dari tahun lalu, sama juga dengan Amerika Latin tapi kan nilainya masih terlalu kecil," kata Gita di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/10/2012)

Nilai perdagangan, menurutnya hanya berkisar pada angka puluhan juta dolar Amerika Serikat (AS). Sementara target yang harus dicapai miliaran dolar AS.

"Hanya baru puluhan juta dolar lah, tidak terlalu besar. Kita carinya yang besar besar lah, yang miliaran dolar," jelasnya.

Akan tetapi, Gita menyatakan masih optimistis, pasar ekspor yang baru dibuka ini dapat berkembang dengan cepat. Sejumlah langkah, seperti pendekatan antara pemerintah terus diptimalkan. "Dua wilayah itu masih sangat berpotensi bagus kedepannya," pungkas Gita.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8543 seconds (0.1#10.140)