Kemendag komitmen bebas korupsi

Selasa, 09 Oktober 2012 - 16:45 WIB
Kemendag komitmen bebas korupsi
Kemendag komitmen bebas korupsi
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mencanangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Babas Korupsi (ZI-WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kementerian Perdagangan.

“Ini merupakan momentum yang tepat untuk menegaskan bahwa pimpinan dan seluruh pegawai Kementerian Perdagangan berkomitmen mewujudkan Kemendag yang berintegritas dan bebas dari korupsi,” ujar Mendag Gita Wirjawan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Gita Wirjawan juga menyampaikan bahwa dalam rangka meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Kemendag telah melaksanakan berbagai pembenahan melalui program Wilayah Tertib Administrasi (WTA), yaitu mewajibkan kepada setiap unit Eselon II di lingkungan Kemendag untuk melaksanakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Selain itu, mengelola sumber daya manusia & Tata Laksana (Reformasi Birokrasi) sesuai dengan petunjuk Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB), mengelola keuangan dan barang milik negara sesuai dengan Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP), menyelenggarakan Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) sesuai dengan pedoman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sesuai dengan bimbingan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pada Jumat (5/10/2012), sejumlah lembaga negara dan pemerintah daerah juga mencanangkan Zona Integritas dalam deklarasi di Hotel Sahid, Jakarta. Lembaga-lembaga negara dan pemerintah daerah yang telah bergabung dalam Zona Integritas diwajibkan melakukan berbagai perbaikan seperti halnya Kementerian Perdagangan. Saat ini, Secara keseluruhan baru 52 dari kurang lebih 600 lembaga negara yang telah bergabung dalam Zona Integritas
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)