Hari ini rupiah berpeluang menguat

Jum'at, 12 Oktober 2012 - 08:29 WIB
Hari ini rupiah berpeluang menguat
Hari ini rupiah berpeluang menguat
A A A
Sindonews.com - Pergerakan nilai tukar rupiah dipicu meningkatnya kekhawatiran pelaku pasar seiring pemangkasan peringkat Spanyol. Namun demikian, rupiah masih mempunyai potensi untuk menguat.

"Penurunan peringkat Spanyol dilakukan setelah pengumuman paket penghematan anggaran kelima dalam kurang dari setahun dan mempublikasikan secara detil hasil stress test perbankannya," kata Analis Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (12/10/2012).

Reza menambahkan, setelah penurunan peringkat oleh S&P, pelaku pasar mulai memikirkan langkah apa yang akan dilakukan Moody's berikutnya.

"Selain itu pekan ini, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan tumbuh 3,3 persen pada 2012, terendah sejak resesi 2009 dan untuk tahun depan sebesar 3,6 persen," kata Reza.

Sementara Analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan bila pasar Asia kemungkinan akan membaik pada hari ini, karena terangkat perbaikan data dari Amerika Serikat (AS).

"Untuk rupiah kemungkinan berpotensi menguat di kisaran antara Rp9.590 sampai Rp9.600 per USD," tukas Lana.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah pada perdagangan Kamis 11 Oktober anjlok sampai nyaris menembus level Rp9.650 per USD. Padahal sejumlah sentimen positif, termasuk tetapnya BI rate tak mampu mendongkrak nilai tukar.

Faktor lain yang seharusnya membuat rupiah menguat adalah diadakannya lelang SBI dan SBIS dengan target masing-masing Rp10 triliun dan Rp500 miliar yang menjadi sentimen positif bagi nilai tukar rupiah.

Selain itu, kemarin juga diadakan rapat dewan gubernur yang mempertahankan level BI rate di level 5,75 persen mengingat data inflasi kemarin yang secara mengejutkan turun dari bulan sebelumnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6600 seconds (0.1#10.140)