Mustika Ratu catat penjualan Rp321 M

Rabu, 07 November 2012 - 16:24 WIB
Mustika Ratu catat penjualan Rp321 M
Mustika Ratu catat penjualan Rp321 M
A A A
Sindonews.com - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) berhasil mencatatkan total penjualan sebesar Rp321 miliar pada kuartal tiga tahun ini, naik 12 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Direktur Keuangan MRAT Franciska Sestri mengatakan, naiknya pendapatan mendorong naiknya laba bersih pada periode tersebut dengan mencatat Rp15,2 miliar. Angka tersebut naik 14,6 persen dari periode sama di tahun lalu.

"Laba saham juga meningkat 16 persen menjadi Rp36 per lembar," ujar Sestri saat paparan kinerja perseroan kuartal III di Jakarta, Rabu (7/11/2012).

Dia mengatakan, pencapaian kinerja tersebut didorong upaya perseroan yang melakukan pengembangan produk dengan fokus pada potensi di pasar. Kemudian melakukan evaluasi kinerja yang berkesinambungan serta melakukan riset untuk mengetahui tren produk yang diinginkan pasar. "Kami terus melakukan penetrasi pasar dengan strategi yang tepat," ujar Sestri.

Sementara, perseroan mengalami penurunan total aktiva per total kewajiban dari 737 perseb pada kuartal tiga tahun lalu menjadi 658 persen pada kuartal III tahun ini. Penurunan tersebut akibat adanya alokasi pembelian aktiva lainnya, berupa renovasi pabrik dan pergudangan.

"Kami alokasikan Rp63 miliar untuk renovasi di Ciracas," ujar Sestri.

Sementara penjualan perseroan saat ini masih bertumpu pada pasar domestik sebesar 90 persen dan ekspor sebesar 10 persen, terbesar adalah Malaysia. Perseroan juga melebarkan pasa ekspor ke kawasan Timur Tengah, seperti Aljazair dan Arab Saudi. Selain itu, kawasan Eropa Timur dan Amerika Latin.

Dana belanja modal (capital expenditure/capex) perseroan saat ini sebesar Rp6 miliar dari total Rp12,4 miliar untuk tahun ini. Sisa anggaran tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk dan pengembangan riset produk. "Sisa anggaran akan kami habiskan di tahun ini juga," ujar Sestri.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)