2013, pembangunan tol Padang-Pekanbaru dimulai

Senin, 12 November 2012 - 09:08 WIB
2013, pembangunan tol Padang-Pekanbaru dimulai
2013, pembangunan tol Padang-Pekanbaru dimulai
A A A
Sindonews.com - Pemerintah memproyeksikan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru dimulai pada 2013. Pembangunan jalan tol yang akan menggandeng badan usaha milik negara (BUMN), ini guna meningkatkan konektivitas dan menekan beban operasional logistik di Sumatera Barat (Sumbar).

"Saya harapkan pembangunan jalan tol Pedang-Pekanbaru bisa dimulai 2013. BUMN sudah mempersiapkan diri hingga akhir tahun ini," kata Menteri Kordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai menghadiri Deklarasi Rajawali SAR di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Sumatera Barat, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (12/11/2012).

Hatta menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kota Padang diharapkan memberikan kontribusinya dengan mengawal rencana ini dengan memantau ketersediaan lahan yang menjadi rute jalan tol tersebut. Hal ini ditekankan Hatta lantaran ketersediaan lahan kerap menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, jalan tol Padang-Pekanbaru merupakan bagian dari program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Adapun, nilai pembangunan jalan tol akan diumumkan lebih lanjut. "Jalan tol Padang-Pekanbaru ini akan dijadikan salah satu bagian dari MP3EI yang terkoneksi dengan jalan tol Trans Sumatera," kata Hatta.

Sebelumnya, biaya pembangunan jalan tol bersumber dari APBN. Nantinya, pembiayaan jalan tol bersumber dari BUMN agar pelaksanaan pembangunannya lebih cepat. "Dananya bersumber dari dalam negeri, kita tidak ingin berutang ke luar negeri agar pemerintah bisa mengurangi rasio utang negara," tegasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7600 seconds (0.1#10.140)