Pertamina tender ulang PLTP Kamojang unit V

Sabtu, 12 Januari 2013 - 15:02 WIB
Pertamina tender ulang PLTP Kamojang unit V
Pertamina tender ulang PLTP Kamojang unit V
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) melakukan tender ulang pekerjaan engineering, procurenment and construction (EPC) untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang unit V di Garut, Jawa Barat.

Tender ulang ini dilakukan karena belum menemukan kecocokan atas tender sebelumnya. Saat ini, tender ulang tersebut sudah diminati lima perusahaan.

"Kita sedang proses tender ulang, yang submit (menyerahkan dokumen) ada lima (perusahaan). (Tender) Saat ini lagi jalan, close document (penyerahan dokumen terakhir) sekitar Februari," kata Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Geothermal Energi Adiatma Sardjito kepada SINDO di Kantor Pertamina Geothermal Energi, Garut, Sabtu (12/01/2013).

Adiatma menjelaskan, Pertamina saat ini mengundang Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan PLTP Kamojang unit V.

Dia menambahkan, meski dilakukan groundbreaking pembangunan PLTP oleh Menteri ESDM, PGE tetap melakukan proses tender. "Ini kan masalah tender, sedangkan kita sudah pasti bangun PLTP karena sudah ada kepastian steam (uap) untuk Kamojang unit V ini," ujarnya.

Dia berharap, PLTP Kamojang unit V bisa mulai beroperasi pada tahun 2014. Adapun kapasitas listrik yang dihasilkan dari PLTU ini pada tahun ini sebesar 30 megawatt (MW).

"PLTP Unit V ini akan memberikan tambahan 30 MW. Harga listriknya inginnya mengikuti sesuai Peraturan Menteri dengan pembeli listriknya PLN," ungkap Adiatma.

PGE membangun pembangkit unit V ini sendiri. Hal ini sama seperti unit IV, dimana lapangan uap (steam field) dan PLTP dibangun oleh PGE.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4824 seconds (0.1#10.140)