Penjualan komputer di AS mengalami penurunan

Minggu, 13 Januari 2013 - 16:07 WIB
Penjualan komputer di AS mengalami penurunan
Penjualan komputer di AS mengalami penurunan
A A A
Sindonews.com - International Data Corporation (IDC) mengungkapkan, penjualan komputer di Amerika Serikat (AS) turun untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir. Penjualan komputer PC hanya mencapai 352 juta unit untuk keseluruhan tahun 2012, turun 3,2 persen dari 2011.

Sementara untuk kuartal empat 2012, penjualan komputer hanya mencapai 89,8 juta unit, turun 6,4 persen dari kuartal empat 2011.

Ini tentunya akan menjadi tahun yang buruk bagi produsen komputer seperti HP, Lenovo, dan Dell. Peluncuran sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 8, sepertinya gagal menggairahkan industri komputer seiring konsumen lebih memilih tablet dan smartphone.

"Biasanya peluncuran sistem operasi terbaru dari Microsoft dapat mendongkrak penjualan namun produsen komputer sepertinya belum sanggup untuk menarik minat yang lebih dari konsumen," ungkap direktur riset IDC, David Daoud dalam rilisnya dilansir dari AFP, Minggu (13/1/2013).

Seperti diketahui, Microsoft merilis sistem operasi baru, Windows 8 di seluruh dunia pada tanggal 26 Oktober 2012 sebagai cara untuk membantu pembuat PC mendapatkan bagian lebih besar dari pasar untuk perangkat mobile seperti tablet.

Windows 8 dirancang dengan kemampuan layar sentuh dalam pikiran dan untuk membuatnya lebih mudah untuk menyinkronkan konten komputer di seluruh array Internet-linked gadget yang digunakan dalam kehidupan modern.

"Konsumen kekurangan alasan untuk meng-upgrade komputernya. Kenaikan performa yang ditawarkan tidak begitu signifikan dan tidak banyak aplikasi yang membutuhkan performa komputer yang signifikan," ujar analis dari Maxim Group, Ashok Kumar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6325 seconds (0.1#10.140)