KDS Jakarta usul dibuatkan HPP daging sapi

Minggu, 13 Januari 2013 - 18:36 WIB
KDS Jakarta usul dibuatkan HPP daging sapi
KDS Jakarta usul dibuatkan HPP daging sapi
A A A
Sindonews.com - Komite Daging Sapi Jakarta Raya (KDS Jakarta) mengusulkan dibuatnya Harga Patokan Pasar (HPP) untuk daging sapi agar harga daging tidak terus melambung tinggi.

"Kami minta Kemendag (Kementerian Perdagangan) menetapkan HPP daging. Kalau itu (pasokan) kurang, langsung ditambah (dari impor)," ucap Ketua Umum KDS Jakarta, Sarman Simanjorang kepada Sindonews di Jakarta, Minggu (13/1/2013).

Mengenai besaran HPP daging sapi, Sarman mengemukakan angka yang wajar adalah pada kisaran Rp70-75 ribu per kg. "Harga Patokan Pasar (HPP) daging sapi normalnya Rp70-75 ribu per kg," jelasnya.

Menurut dia, Kemendag perlu diberi kewenangan untuk menetapkan HPP dan kuota impor daging sapi karena Kementerian Pertanian (Kementan) selama ini tidak becus menjaga ketersediaan daging sapi.

"Saatnya Kemendag intervensi, Kementan telah diberi kewenangan yang terlalu berlebihan," tandas Sarman.

Seperti diketahui, Kementan menyatakan akan tetap diam dan tidak akan menambah impor daging sapi untuk menurunkan harga meski harga daging terus melambung.

"Atas kesepakatan Rakor kita pertahankan (kuota impor) 80 ribu ton, sapi bakal kita konversi 48 ribu ton dan sapi beku 32 ribu ton," ujar Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan baru-baru ini.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)