2012, BI Yogyakarta kucurkan dana sosial Rp1,7 M

Rabu, 16 Januari 2013 - 13:28 WIB
2012, BI Yogyakarta...
2012, BI Yogyakarta kucurkan dana sosial Rp1,7 M
A A A
Sindonews.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Yogyakarta berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja mengucurkan dana Rp1,7 miliar melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) selama 2012.

Manager Pengembangan Setor Riil dan UMKM (PSRU) KPBI Yogyakarta, Nasrullah mengatakan, PSBI sudah rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memberdayakan masyarakat dengan melihat potensi ekonomi yang bisa dikembangkan.

Diharapkan program ini bisa memicu pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Sehingga nantinya akan memberikan andil bagi ketahanan ekonomi nasional maupun stabilitas ekonomi.

“Dengan pemberdayaan seperti ini kita harapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja,” tutur Nasrullah di DIY, Rabu (16/1/2013).

Dana Rp1,7 milliar tersebut digulirkan di seluruh kabupaten/kota di DIY. Di Kabupaten Bantul, direalisasikan dengan pemberian bantuan kepada gapoktan untuk membantu sewa lahan bagi petani miskin. Selain itu juga ada bantuan sarana prasarana pertanian, gudang dan transportasi, serta bantuan ternak kambing. Bantuan juga diberikan untuk kelompok wanita tani dalam mengembangkan tanaman holtikultura.

Sementara di Kabupaten Sleman, telah dibangun kluster mina kepis air tawar. Di Kabupaten Kulonprogo untuk pengembangan gula semut, pasar lelang cabai, pertanian dan batik. Sedangkan di Gunungkidul sudah menjadi program regular lanjutan.

Bank Indonesia (BI), lanjutnya, juga memberikan bantuan modal awal (seed capital) kepada wirausaha muda mandiri, hasil seleksi BI. Bantuan yang digulirkan mencapai Rp300 juta. “Wirausaha muda mandiri ini, menjadi upaya BI menciptakan wirausaha muda yang tangguh,” jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)