Cuaca buruk, harga ikan laut melonjak

Rabu, 16 Januari 2013 - 19:42 WIB
Cuaca buruk, harga ikan laut melonjak
Cuaca buruk, harga ikan laut melonjak
A A A
Sindonews.com - Harga ikan laut segar di Kabupaten Sumba Timur, NTT melonjak tinggi. Pasalnya, angin kencang yang disertai hujan dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan gelombang tinggi di laut lepas membuat nelayan setempat memilih tidak melaut.

Los penjual Ikan di Pasar Inpres (Paris) Matawai, di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, yang biasanya ramai oleh transaksi jual beli ikan, nampak lengang. Hanya beberpa pedagang saja yang nampak menggelar jualan ikannya di atas lapak.

“Kalau sudah musim begini ikan yang masuk sedikit, jadi kadang tak sampai setengah hari kami sudah pulang,” jelas Ari, salah seorang pedagang ikan, Rabu (16/1/2013).

Ikan sejenis tembang yang biasanya dijual Rp5.000 per 30 ekor kini naik menjadi Rp10.000 per 20 ekor. Sementara ikan jenis tongkol atau kombong dijual Rp20.000 per 2 ekor.

“Kita tidak kasih naik bagaimana, dari nelayan harganya saja tinggi, mereka nekad cari ikan walau hujan dan angin kencang. Kalau kita jual seperti biasa, kita tidak untung dan bisa-bisa kita dan keluarga yang tidak makan,” urai Rahman, pedagang ikan lainnya.

Para pedagang ikan ini juga memprediksi cuaca buruk dan kondisi serupa akan bertahan hingga akhir Februari mendatang. Seperti yang terpantau di laut Kanatang, nampak banyak perahu nelayan yang ditambatkan dengan cara berlindung dibalik pepohonan bakau. Sementara nelayan lainnya mengisi waktu dengan memperbaiki pukat dan jala atau mengecat perahu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6803 seconds (0.1#10.140)