Bill Gates akuisisi saham perusahaan Mesir

Minggu, 20 Januari 2013 - 16:44 WIB
Bill Gates akuisisi saham perusahaan Mesir
Bill Gates akuisisi saham perusahaan Mesir
A A A
Sindonews.com - Kabar terbaru datang dari Bill Gates. Orang terkaya di Amerika Serikat itu diberitakan ikut ambil bagian dalam kelompok investasi internasional dengan mengakuisisi saham Orsacom Construction Industries (OCI) NV, perusahaan konstruksi dan pupuk Mesir.

Dilansir Forbes, Minggu (20/1/2013), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki (OCI SAE) miliarder Mesir, Nassef Sawiris itu telah meraup dana sebesar USD2 miliar dari investor asing. Dana sebesar USD1 miliar di antaranya berasal dari tiga kelompok usaha AS, yaitu Cascade, LLC (investasi swasta milik Bill Gates), dan Southeastern Asset Management.

"Transaksi ini merupakan bukti ketertarikan investor internasional mengembangkan usahanya di Mesir. Ini menjadi pertanda baik bagi perekonomian Mesir, di mana lebih dari USD1 miliar berasal dari investor AS," ujar Nassef.

Suntikan dana dari Gates diharapkan menjadi tenaga segar bagi OCI NV. Keluarga Sawiris dan Abraaj Capital, yang sama-sama memiliki 60 persen Orascom, juga berpartisipasi dalam tender dan menyerahkan semua saham mereka untuk pertukaran saham OCI NV.

Bagi Gates, ini adalah investasi besar pertamanya di perusahaan Afrika. Analis memperkirakan kesepakatan tersebut akan meningkatkan kepercayaan investor asing dalam indeks utama Mesir.

Diketahui, Orascom Construction Industries, SAE adalah perusahaan terbesar di Mesir yang memiliki nilai pasar lebih dari USD9 miliar.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5968 seconds (0.1#10.140)