OJK berharap perusahaan pembiayaan tak bebani perbankan

Selasa, 29 Januari 2013 - 15:46 WIB
OJK berharap perusahaan pembiayaan tak bebani perbankan
OJK berharap perusahaan pembiayaan tak bebani perbankan
A A A
Sindonews.com - Dengan semakin berkembangnya industri pembiayaan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap perusahaan pembiayaan multi (multifinance) tidak lagi membebani perusahaan induk.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Keuangan Nonbank, Firdaus Djaelani menerangkan, banyaknya kegagalan dari perusahaan pembiayaan berpotensi menimbulkan efek domino terhadap perusahaan induk di sektor perbankan.

"Sejumlah industri pembiayaan itu masih bergantung pada induk bank yang membawahinya," terang Firdaus di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (29/1/13).

Untuk itu, dia berharap agar perusahaan pembiayaan dapat melakukan diversifikasi sumber pembiayaan, seperti bisnis asuransi atau dana pensiun. Di mana, selama ini perusahaan pembiayaan selalu mengandalkan pasar modal dan perbankan.

Selain itu, Firdaus menambahkan, dari segi strategi pembiayaan, keseimbangan komposisi pembiayaan dari yang berbasis syariah dan konvensional juga penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dimaksudkan agar industri pembiayaan lebih variatif dan berkembang lebih pesat.

"Saat ini, porsi pembiayaan syariah masih sangat kecil dibanding konvensional," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0056 seconds (0.1#10.140)