BNI dinobatkan jadi bank terbaik versi Asiamoney

Kamis, 31 Januari 2013 - 13:39 WIB
BNI dinobatkan jadi bank terbaik versi Asiamoney
BNI dinobatkan jadi bank terbaik versi Asiamoney
A A A
Sindonews.com - Hasil jajak pendapat independen yang dilaksanakan majalah Asiamoney mengakui PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) sebagai bank terbaik di Indonesia yang berhasil membangun tata kelola bank yang baik (GCG).

Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo mengatakan, sejak 2007, manajemen BNI berkomitmen melaksanakan prinsip-prinsip GCG secara konsisten dalam menjalankan bisnisnya, sesuai dengan misi kelima BNI, yaitu menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik di industri perbankan Indonesia.

Langkah-langkah yang dilakukan BNI adalah menerbitkan Corporate Governance Handbook, kode etik BNI, mengelola data governance dengan baik, dan mengaplikasikan Whistle Blowing System (WBS) secara efektif.

Selain itu, BNI juga menerapkan program zero fraud dan Operational Risk Self Assessment (ORSA), yang berhasil menekan terjadinya fraud maupun potensi kerugian akibat risiko operasional. “Upaya kami itu membuat BNI diakui sebagai bank terbaik yang mampu mengembangkan Inovasi Good Corporate Governance (GCG) pada tahun 2012,” ujar Gatot dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/1/2013).

Penghargaan ini merupakan hasil dari Corporate Governance Poll 2012 Kedelapan yang dilaksanakan Asiamoney. Jajak pendapat khusus GCG ini dilakukan Asiamoney karena mereka menilai ada kebutuhan untuk terus transparan dan melakukan pengawasan berlapis oleh manajemen bank dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Dalam Corporate Governance Poll 2012 ini, Asiamoney menyediakan lima kategori penghargaan, yaitu Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management And The Board of Director. BNI mendapatkan posisi terbaik pada kelima anugerah itu.

Dalam jajak pendapat ini, Asiamoney mengirimkan kuesioner kepada para CEO, CIO (Chief Information Officer), serta para eksekutif dari fund management serta perusahaan hedge fund di Asia Pasifik. Mereka menerima respon dari 135 responden dari 92 institusi berbeda.

Total penghargaan yang telah diterima oleh BNI dari hasil jajak pendapat Asiamoney pada 2012 – 2013 ini mencapai 14 anugerah, yakni lima dari hasil Corporate Governance Poll 2012 dan delapan anugerah dari hasil Asiamoney Cash Management Poll 2012. Kedelapan anugerah hasil Asiamoney Cash Management Poll 2012 telah diberikan kepada BNI di Hong Kong, September 2012 lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5923 seconds (0.1#10.140)