Pailit bisa menimpa maskapai siapa saja

Kamis, 31 Januari 2013 - 15:42 WIB
Pailit bisa menimpa maskapai siapa saja
Pailit bisa menimpa maskapai siapa saja
A A A
Sindonews.com - Pengamat Hukum Penerbangan dari Universitas Trisakti, Siti Nurbaeti menegaskan agar masing-masing penyelenggara jasa penerbangan Tanah Air berhati-hati dan memperbaiki dalam mengelola manajemen risiko fiskal perusahaan.

Hal tersebut, kata dia, karena ancaman pailit bisa menimpa siapa saja kendati regulasi yang dibuat pemerintah sudah dirancang sedemikian rupa agar maskapai nasional dapat melangit.

"Kalau hukum penerbangan itu kan punya aturan main sendiri. Tapi kalau masalah pemailitan itu bisa terjadi pada siapa saja. Dalam kasus Batavia itu terjadi karena dia tidak sanggup bayar kredit," terang Siti saat dihubungi, Kamis (31/1/2013).

Dirinya menerangkan, dari sisi hukum, Batavia Air memang memenuhi unsur-unsur untuk digugat pailit. Untuk itu, agar apa yang menimpa Batavia Air tersebut dapat menjadi pelajaran bagi maskapai lainnya agar lebih memperhatikan tata kelola manajemen risiko fiskal perusahaan.

"Dia kan punya dua kreditur, bukan lagi satu. Ditambah unsur-unsur yang lain, Batavia memang sudah memenuhi unsur-unsur untuk dipailitkan," tegas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5409 seconds (0.1#10.140)