Bank patungan, model hybrid banking terbaik

Kamis, 31 Januari 2013 - 16:39 WIB
Bank patungan, model hybrid banking terbaik
Bank patungan, model hybrid banking terbaik
A A A
Sindonews.com - Bank joint venture (bank patungan) yang baru saja didirikan tiga badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT Pos Indonesia, Bank Mandiri dan PT Taspen, dinilai akan menjadi model hybrid banking terbaik di Tanah Air.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Bambang Brojonegoro mengatakan, sejatinya bank joint venture merupakan hybrid banking atau gabungan antara internet banking dengan bantuan Pos Indonesia. Menurut dia, model hybrid banking ini bakal menjadi yang terbaik untuk negara dengan kondisi geografis yang kompleks, seperti Indonesia.

"Jadi ke depan mungkin PT Pos tidak hanya dikenal sebagai kantor pos, tetapi juga sebagai lembaga keuangan. Di negara lain, sudah berlaku begitu," kata Bambang di Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Kendati demikian, Bambang mengingatkan pentingnya koordinasi dan harmonisasi lintas otoritas dan regulator dalam mengembangkan bank patungan tersebut. Dia meminta Kementerian BUMN agar mengoordinasikan harmonisasi perundang-undangan yang mengatur keuangan dan telekomunikasi.

"Biar masyarakat atau nasabah tidak kaget kalau nanti operator telekomunikasi menawarkan transaksi keuangan," imbuh Bambang.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini menambahkan, dalam melakukan bisnis, bank joint venture akan memanfaatkan jaringan Bank Mandiri yang sudah terbukti dengan praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Kemudian dapat memanfaatkan basis nasabah Taspen yang melingkupi PNS dan pensiunan, dan tentunya kemudahan akses jaringan yang luas, kecepatan proses yang ada pada Pos Indonesia.

"Ini sangat membantu kita untuk fokus pada layanan yang relatif sederhana, sehingga bisa memenuhi keinginan nasabah mikro. Inilah upaya kita mewujudkan financial inclusion," kata Zulkifli.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4676 seconds (0.1#10.140)