Awas, franchise asing serbu Indonesia

Sabtu, 02 Februari 2013 - 14:57 WIB
Awas, franchise asing serbu Indonesia
Awas, franchise asing serbu Indonesia
A A A
Sindonews.com - Para pengusaha franchise dalam negeri harus benar-benar siap menghadapi serbuan franchise asing yang diperkirakan akan semakin banyak masuk ke Indonesia pada 2013.

Hingga kini, jumlah franchise asing yang ada di Tanah Air sekitar 350 buah. Angka ini akan meningkat tajam pada tahun ini. Pihak asing ingin memanfaatkan pasar Indonesia yang sedang berkembang di tengah ekonomi Eropa dan Amerika Serikat yang sedang lesu.

"Franchise asing akan bertambah sekitar 50 buah menjadi 400-an tahun ini, dari total 350 saat ini. Tiga negara di Asia, yaitu China, India, dan Indonesia sebagai negara paling dilirik investor. Pasar Indonesia juga paling mudah, pelanggannya enggak rewel," ujar Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar saat dihubungi Sindonews, Sabtu (2/2/2013).

Franchise asing, lanjut Anang, dipastikan akan memanfaatkan situasi tersebut, apalagi mereka mempunyai keunggulan tersendiri. Sementara, Indonesia tidak bisa mencegah masuknya franchise dari luar.

"Karena kita sudah mengakui HAKI (hak atas kekayaan intelektual). Artinya, kita mengakui tidak ada halangan bagi yang mau masuk kemana saja. Jadi kalau diadakan pembatasan, enggak mungkin lagi karena sudah mengakui HAKI," jelasnya.

Meski demikian, lanjut dia, para pengusaha franchise lokal harus berani bersaing dan jangan sampai hanya menjadi pasar. Beberapa negara yang sudah mulai masuk tahun ini, antara lain Korea dan Jepang. "Australia sebentar lagi masuk. Kita ini sedang diserbu asing tapi franchise kita enggak ada yang unggul," tandas Anang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4764 seconds (0.1#10.140)