Dukung UMKM, Telkom luncurkan INDIPreneur

Senin, 04 Februari 2013 - 10:53 WIB
Dukung UMKM, Telkom...
Dukung UMKM, Telkom luncurkan INDIPreneur
A A A
Sindonews.com - Guna mendukung ekspansi usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan program Indonesia Digital Enterpreneur (INDIPreneur) yang menyasar pengembangan usaha sektor menengah, kecil dan mikro (UMKM). Untuk program baru ini, perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut mengalokasikan dana Rp10 miliar.

"Program INDIPreneur dimaksudkan untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK)," terang Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, Muhammad Awaludin dalam keterangannya, Senin (4/2/2013).

Pada peluncuran program INDIPreneur yang diselenggarakan di bilangan SCBD, Jakarta tersebut, Awaludin menerangkan, latar belakang utama diluncurkannya program ini selain untuk mendukung pengembangan usaha Telkom, juga untuk mendukung pertumbuhan UMKM mengingat usaha sektor ini merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

"Terhitung sekitar 59 juta penduduk Indonesia bergerak sebagai pelaku UMKM yang memberi kontribusi positif bagi pendapatan nasional sebesar 56,5 persen dari total GDP Indonesia, dimana 3,5 juta diantaranya merupakan wirausaha nasional yang berbadan hukum," tegas Awaludin.

Dia menjelaskan, INDIPreneur ini dihadirkan dalam bentuk perangkat IT dengan pola leasing (sewa beli) bagi pelaku UMKM yang menghadapi kendala ketersediaan sarana, seperti akses ke internet broadband (termasuk akses wifi), serta penyedia layanan portal, application dan content (PAC) dengan teknologi komputasi awan (cloud computing) disediakan secara gratis oleh perseroan.

Operation Vice President Public Relation Telkom, Arif Prabowo menambahkan, pihaknya telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp10 miliar untuk mendanai program tersebut.
"Dana yang kita cadangkan untuk menyukseskan program ini tak kurang dari Rp10 miliar," ungkap Arif.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)