Wamendag: Daging Indonesia termahal sedunia itu fakta

Senin, 04 Februari 2013 - 14:09 WIB
Wamendag: Daging Indonesia termahal sedunia itu fakta
Wamendag: Daging Indonesia termahal sedunia itu fakta
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) membenarkan data yang menyebut bahwa harga daging sapi di Indonesia paling mahal di dunia. Harga daging sapi di Indonesia saat ini berkisar antara Rp90-95 ribu per kilogram. Padahal, harga daging sapi di pasar dunia hanya sekitar Rp40-45 ribu per kg.

"Faktanya adalah, harga kita kurang lebih dua kali lebih mahal, kita sampai 9,5 dolar (USD), di luar cuma 4 sampai 4,5 dolar," ungkap Bayu dalam konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Namun, Wamendag tidak menyarankan ditambahnya impor untuk memenuhi tingginya permintaan daging sapi di dalam negeri. Dia meminta Rumah Pemotongan Hewan (RPH) segera menyuplai daging sapi ke kota-kota yang kebutuhan daging sapinya tinggi, misalnya Jakarta. "RPH-RPH, pasoklah ke Jakarta dan sentra-sentra konsumsi," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meminta pengusaha daging dan masyarakat umum tidak terus menerus mengeluhkan tingginya harga daging sapi karena peternak sapi diuntungkan oleh tingginya harga daging sapi saat ini.

Mentan beralasan, sudah bertahun-tahun peternak sapi dibuat menderita oleh terlalu murahnya harga daging sapi akibat impor yang berlebihan. Karena itu, sudah sewajarnya kini peternak menikmati keuntungan.

"Sekarang ini peternak lagi mendapatkan harga bagus setelah sekian tahun lamanya dia menderita dengan harga murah," kata Suswono belum lama ini.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8248 seconds (0.1#10.140)