IPO Semen Baturaja, PPP minta bentuk Panja

Senin, 04 Februari 2013 - 15:07 WIB
IPO Semen Baturaja, PPP minta bentuk Panja
IPO Semen Baturaja, PPP minta bentuk Panja
A A A
Sindonews.com - Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI DPR RI terkait rencana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) PT Semen Baturaja, dipandang masih perlu dikaji dengan seksama.

Anggota Komisi XI dari Fraksi PPP, Mustofa Assegaf berpendapat, dengan melepas saham perusahaan semen pelat merah tersebut dikhawatirkan akan mengganggu kemandirian ekonomi nasional, seperti yang pernah terjadi pada sektor perbankan.

"Kita jangan mengulang kesalahan sejarah dengan dalih membutuhkan dana segar yang akibatnya saat ini kita rasakan bersama penguasaan bank asing. Kita jadi sulit melakukan keberpihakan pada perbankan nasional," ujar Asegaf di Gedung DPR RI, Senin (4/2/2013).

Menurutnya, sektor semen memiliki kekuatan yang luar biasa untuk mendorong kemandirian Indonesia menjadi negara yang mandiri secara ekonomi.

"Kita jangan anggap remeh bisnis semen. Ini bisnis yang bisa memberikan kita jalan untuk keluar dari ketergantungan terhadap negara lain," tegas Mustofa.

Untuk itu, diakui dia, perlu dilakukannya Panitia Kerja (Panja) untuk mengkaji rencana IPO ini apakah sesuai dengan kepentingan negara atau tidak. "Tidak ada akal sehat yang bisa menyebabkan kenapa saham ini harus dilepas? Kita perlu bentuk Panja," tegas dia.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja, Zulfikri Subli mengatakan, IPO Semen Baturaja kemungkinan akan dilakukan pada semester II tahun ini lantaran masih menunggu restu dari Komisi XI DPR. Adapun, jumlah saham yang akan dilepas ke publik pada saat IPO antara 20-35 persen, dengan target dana sebesar Rp1 triliun.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8502 seconds (0.1#10.140)