Batubara dan CPO dominasi ekspor ke China

Selasa, 05 Februari 2013 - 12:19 WIB
Batubara dan CPO dominasi ekspor ke China
Batubara dan CPO dominasi ekspor ke China
A A A
Sindonews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, batubara dan minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) merupakan dua komoditas ekspor terbesar Indonesia ke China.

"Ekspor terbesar ke China, bahan bakar mineral dan kedua CPO," ujar Kepala BPS Suryamin dalam konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Di samping CPO dan batubara, karet dan mesin-mesin perawatan juga disebut Suryamin mendominasi ekspor Indonesia ke China. "Ekspor Indonesia yang terbesar masih mineral batubara, lemak nabati yaitu CPO, ada juga mesin-mesin perawatan, karet," ujarnya.

Sementara, Indonesia banyak mengimpor barang modal dari China. "Kalau impor, yang terbesar dari China mesin dan peralatan mekanik serta peralatan listrik. Itu semuanya barang modal," kata Suryamin.

Sebelumnya diberitakan, BPS mencatat, barang nonmigas dari China mendominasi total jumlah barang yang diimpor ke Indonesia sepanjang Desember 2012.

"Dilihat dari volumenya, impor nonmigas dari China yang paling besar mencapai 21,44 persen atau mencapai USD2,541 miliar," terang Suryamin, baru-baru ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)