Hatta: Penyerapan anggaran harus di atas 90%

Kamis, 07 Februari 2013 - 10:07 WIB
Hatta: Penyerapan anggaran harus di atas 90%
Hatta: Penyerapan anggaran harus di atas 90%
A A A
Sindonews.com - Pemerintah masih punya pekerjaan rumah (PR) besar terkait upaya mendorong penyerapan anggaran lebih baik pada tahun ini. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menargetkan, penyerapan anggaran di Kementerian atau Lembaga (K/L) harus di atas 90 persen.

"Tentu kita inginkan kemarin di bawah 90 persen, (tahun ini) harus menargetkan di atas 90-an persen dan harus juga optimalisasi pendapatan negara ini terutama pada RKP (Rencana Kerja Pemerintah)," terang Hatta di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Lebih rinci dia menjelaskan, serapan anggaran terutama akan diarahkan pada peningkatan mutu infrastruktur yang harus lebih cepat dan terukur.

"Anggaran untuk belanja modal seperti infrastruktur tahun 2013 melalui APBN sebesar Rp203 triliun dan APBD hampir Rp100 triliun. Sedangkan, sektor swasta sebesar Rp140 triliun. Jadi cukup besar, hampir 5 persen dari PDB kita," tutur Hatta.

Seperti diketahui, penyerapan anggaran K/L pada 2012 hanya mencapai 87,5 persen, lebih rendah dari 2011 lalu sebesar 90,5 persen. Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebelumnya menyebutkan, ada tiga faktor yang menyebabkan penyerapan anggaran di sejumlah K/L menjadi rendah pada tahun lalu.

Pertama, sulitnya pengadaan lahan atau proses belanja tanah, kurang baiknya manajemen anggaran di sejumlah K/L, sehingga dana anggaran menjadi kurang terurus serta buruknya budaya kerja di banyak K/L.

Sementara K/L yang penyerapan anggarannya pada tahun lalu di atas 90 persen, hanya tujuh K/L. Ketujuh K/L tersebut, yakni Basarnas, MA, Kemendagri, Kemenperin, MK, BNN dan LIPI.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7748 seconds (0.1#10.140)