BPP HIPMI gandeng BSM salurkan kredit ke UMKM

Rabu, 13 Februari 2013 - 16:59 WIB
BPP HIPMI gandeng BSM salurkan kredit ke UMKM
BPP HIPMI gandeng BSM salurkan kredit ke UMKM
A A A
Sindonews.com - BPP HIPMI menggandeng Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk memberikan kredit ke usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp230 miliar pada tahun ini.

Ketua Divisi Usaha Menengah Kecil (UMK) BPP HIPMI, Priamanaya mengatakan, kredit tersebut akan diberikan, dengan rincian Rp30 miliar untuk pengusaha pemula melalui BPP HIPMI dan sisanya Rp200 miliar untuk BPD dan BPC HIPMI di seluruh Indonesia.

"Kami sangat senang bisa turut mendorong kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di lingkungan HIPMI. Ini merupakan bagian dari komitmen HIPMI untuk turut serta memajukan kalangan UMKM di Indonesia,” kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Kerja sama ini dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan kredit UMKM di Tanah Air. Pasalnya, sulitnya permodalan yang menimpa sebagian besar UMKM di Indonesia, menyebabkan UMKM sulit berkembang. Apalagi tidak semua anggota HIPMI di daerah memiliki akses perbankan yang dengan mudah untuk mendapatkan kredit.

“Pemberdayaan UKM menjadi penting untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Berdasarkan pengalaman, UMKM yang bisa bertahan di saat krisis,” ujar Priamanaya.
Dia berharap program ini akan bermanfaat bagi seluruh anggota HIPMI, baik di pusat maupun di daerah.

Division Head Small and Micro Bangking Division BSM, Andri Vendredi Sabardi menyatakan, anggota HIPMI, BPD dan BPC HIPMI bisa langsung mengajukan aplikasi kredit usaha rakyat (KUR) dan kredit program setelah penandatanganan kerja sama tersebut.

Dia berharap, kerja sama BPP HIPMI dengan BSM bisa meringankan permodalan para pengusaha skala UMKM, khususnya yang bernaung di HIPMI. “Ini sebagai komitmen kami turut serta mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia,” tandas Andri.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7816 seconds (0.1#10.140)