Uni Eropa: G20 tetapkan target utang September 2013

Sabtu, 16 Februari 2013 - 19:52 WIB
Uni Eropa: G20 tetapkan...
Uni Eropa: G20 tetapkan target utang September 2013
A A A
Sindonews.com - Kelompok ekonomi G20 berjanji akan berupaya mengurangi utang publik pada pertemuan puncak di KTT St Petersburg, September mendatang. Hal tersebut disampaikan Komisaris Uni Eropa Urusan Ekonomi dan Moneter, Olli Rehn.

"Ada komitmen yang jelas untuk kredibel jangka menengah atas rencana penyesuaian fiskal, dan saya berharap dalam komunike akhir kita akan mendefinisikan kebijakan G20 lebih ketat pada KTT di St Petersburg," kata Rehn seperti dilansir Reuters, Sabtu (16/2/2013).

Sebanyak 20 negara ekonomi terbesar tahun lalu, di Meksiko telah memutuskan, bahwa mereka akan datang dengan kredibel dan ambisius memenuhi target utang terhadap PDB dengan rasio melampaui 2016.

"Kami berharap memiliki rancangan proposal di atas meja (bulan April) sehingga kita dapat membangun dan setuju pada target kuantitatif, karena penting menjaga momentum konsolidasi fiskal," jelas Rehn.

Dia menunjukkan utang publik Eropa sekitar 90 persen dari produk domestik bruto. Jepang, yang ingin merangsang ekonomi stagnan, memiliki utang publik lebih dari 200 persen dari PDB. "Tidak ada cara, kita mampu menjauh dari medium-term fiskal," kata Rehn.

Pembuat kebijakan Eropa percaya, bahwa utang melebihi 90 persen dari PDB menjadi hambatan pada pertumbuhan ekonomi. "Kami memiliki pandangan umum pada kebutuhan untuk memiliki rencana jangka menengah yang kredibel untuk konsolidasi fiskal, sehingga kita memiliki dasar untuk pertumbuhan yang berkelanjutan," jelas Rehn.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8878 seconds (0.1#10.140)