Misi dagang dan promosi 2013 dianggarkan Rp168 M

Rabu, 20 Februari 2013 - 12:38 WIB
Misi dagang dan promosi 2013 dianggarkan Rp168 M
Misi dagang dan promosi 2013 dianggarkan Rp168 M
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku telah menganggarkan dana sebesar Rp168 miliar untuk perjalanan misi dagang ke berbagai negara, pameran, dan promosi produk-produk Indonesia dalam rangka meningkatkan ekspor.

"Untuk promosi, misi dagang, nation branding, pameran-pameran di dalam negeri, kita alokasikan dana Rp168 miliar untuk seluruh kegiatan di 2013," ungkap Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami kepada wartawan di Kemendag, Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Khusus untuk pameran dagang, tahun ini Kemendag akan mengikuti 17 pameran. Beberapa di antaranya di Amerika, kawasan Timur Tengah, Afrika, dan lainnya. "Tahun ini Kemendag akan ikut 17 pameran di luar negeri. Di Amerika, Timur Tengah, Jerman, Dubai, dan sebagainya," kata Gusmardi.

Selain itu, tambahnya, akan ada 13 misi dagang ke seluruh belahan dunia yang dikirim Kemendag. Sebagian besar di antaranya ditujukan ke sejumlah negara pasar non tradisional yang selama ini masih kurang digarap potensi pasarnya.

"Misi dagang ada 13, hampir ke seluruh dunia. Ke China, Afrika, Dubai, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Eropa Timur, dan negara-negara pasar tradisional. 70 persen ke negara non tradisional," ujar dia.

Dalam misi dagang dan pameran ini, Kemendag mengaku telah menggandeng kementerian lainnya untuk ikut terlibat. "Tentunya kami sudah berkoordinasi dengan kementerian-kementerian lainnya untuk bergabung," ucap Gusmardi.

Dalam kegiatan promosi perdagangan ini, tandas dia, para pengusaha yang diajak tidak dipungut biaya apapun. Para pengusaha Indonesia yang diajak Kemendag mengikuti misi dagang dan pameran hanya menanggung ongkos tiket dan penginapan.

"Diharapkan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pengusaha Indonesia. Pesertanya tidak ditarik biaya apapun, hanya biaya tiket dan penginapan," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4821 seconds (0.1#10.140)