SKK Migas apresiasi Pertamina EP terapkan EOR

Kamis, 21 Februari 2013 - 08:37 WIB
SKK Migas apresiasi Pertamina EP terapkan EOR
SKK Migas apresiasi Pertamina EP terapkan EOR
A A A
Sindonews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memberikan apresiasi terhadap langkah PT Pertamina EP yang mulai menerapkan teknologi pengurasan minyak tingkat lanjut (enhanced oil recovery/EOR) di wilayah kerja milik mereka sendiri, tepatnya di Lapangan Tanjung, Kalimantan Selatan.

“Upaya Pertamina untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri didukung oleh SKK Migas dengan penerapan teknologi EOR di wilayah kerja mereka sendiri, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi minyak nasional,” ujar Sekretaris SKk Migas Gde Pradnyana dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (21/2/2013)

Diharapkan, dari hasil injeksi kimia Lapangan Tanjung akan dihasilkan produksi minyak sebesar 1.000 barel yang akan dicapai pada hari ini (21/2/2013. “Semoga target tersebut dapat tercapai,” tambah Gde.

Injeksi kimia di lokasi pertama di Lapangan Tanjung saat ini telah menggunakan satu sumur injeksi dan dua sumur monitoring, secara keseluruhan program injeksi kimia secara penuh akan berjumlah 36 lokasi (36 pattern) dengan menggunakan beberapa sumur eksisting sebagai sumur injeksi dan sumur monitoring.

Sebagai catatan, saat ini Pertamina telah memegang mayoritas wilayah kerja minyak dan gas di Indonesia, sekitar 58 persen wilayah kerja minyak dan gas di Indonesia telah dikuasai oleh PT Pertamina.

Demikian juga dari sisi cadangan minyak, dari total sebanyak 3,6 miliar barel minyak cadangan minyak Indonesia sebanyak hampir 50 persen merupakan cadangan minyak dan gas yang ada di wilayah kerja Pertamina.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7124 seconds (0.1#10.140)