Ratusan pensiunan BRI tuntut pesangon

Kamis, 21 Februari 2013 - 17:17 WIB
Ratusan pensiunan BRI...
Ratusan pensiunan BRI tuntut pesangon
A A A
Sindonews.com - Ratusan pensiunan BRI DI Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng), menggelar aksi demonstrasi menuntut pembayaran kekurangan uang pesangon dan pensiun. Mereka menilai pesangon yang diberikan terlalu kecil dan melanggar undang-undang.

Aksi unjuk rasa diawali dari kantor wilayah BRI Yogyakarta yang membawahi Jawa bagian Selatan. Mereka membawa aneka spanduk dan poster, menuntut pengembalian atas hak-hak pesangon.

Aksi dilanjutkan dengan melakukan long march menuju ke Monumen Serangan Umum Satu Maret di depan gedung Agung Yogyakarta. Ketua I Forum Komunikasi Pensiunan Penuntut Pesangon (FK PPP) BRI DIY dan Jateng, Alfian mengatakan, direksi tidak konsisten menjalankan UU No 13/2003, khususnya Pasal 167 ayat 1-3.

Semestinya, kata dia, uang pensiunan yang diberikan tanpa pengembangan. Namun yang dilakukan manajemen telah dikembangkan. Akibatnya, nilai yang diberikan terlalu besar, dan hak-hak yang belum terbayarkan. "Karena, dilakukan dengan pengembangan, tidak semua karyawan BRI mendapat pesangon," katanya, Kamis (21/2/2013).

Menurut Alfian, dari sekitar 6.240 pensiunan, hanya sekitar 600 yang mendapat pesangon. Padahal, seharusnya setiap pensiunan BRI mendapat dana pesangon sekitar Rp200 juta hingga Rp300 juta. Namun, sebagian besar tidak mendapatkan karena aturan perhitungan salah.

Aksi demo ini akan terus dilakukan sampai BRI menggelar rapat umum pemegang saham, yang akan digelar 25 April. "Secara bergelombang kita akan ke Jakarta bersama daerah lain," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7309 seconds (0.1#10.140)