Pemerintah akan bangun PLTS di pulau terluar

Selasa, 05 Maret 2013 - 17:37 WIB
Pemerintah akan bangun PLTS di pulau terluar
Pemerintah akan bangun PLTS di pulau terluar
A A A
Sindonews.com - Pemerintah berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pulau-pulau terluar Indonesia yang belum teraliri listrik. Pembangunan PLTS ini akan dilakukan dalam waktu dekat dan melibatkan perusahaan swasta.

Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu), Agus Martowardojo usai menghadiri rapat koordinasi mengenai PLTS di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Selasa (5/3/2013).

Menurut Agus, alasan pembangunan PLTS di wilayah terluar Indonesia karena wilayah-wilayah tersebut tidak mungkin untuk dibangun pembangkit listrik tenaga BBM atau gas, karena selain mahal, juga susah diperoleh di daerah- daerah tersebut.

"Namun, volume pembangunan PLTS ini tidak lebih dari 2 megawatt (MW)," ucapnya.

Dari pembangunan tersebut, lanjut dia, pemerintah berjanji membeli listrik dari PLN dan diberikan ke masyrakat dan tarif yang dikenakan tidak lebih dari 25 sen.

"Jadi saudara-saudara bisa ikut berinvestasi, nanti outputnya dibeli oleh PLN. Karena solusi dari ketersediaan listrik di pulau-pulau tersebut adalah pembangkit listrik independen," jelas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4403 seconds (0.1#10.140)