Kemenperin: Pasokan gas kunci sukses sektor industri

Rabu, 13 Maret 2013 - 11:04 WIB
Kemenperin: Pasokan gas kunci sukses sektor industri
Kemenperin: Pasokan gas kunci sukses sektor industri
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai, pasokan gas di dalam negeri merupakan kunci sukses sektor industri. Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Berbasis Manufaktur Kemenperin, Panggah Susanto menyatakan, gas bumi bisa membantu kinerja produksi sekitar 19 sektor industri dalam negeri.

"Ketersediaan pasokan gas, jadi kunci manufaktur, industri andalan, keramik, kaca logam tekstil, dan 19 sektor yang bergantung pada ketersediaan gas," ujar Panggah Susanto dalam Seminar Open Access di Kemenperin, Rabu (13/3/2013).

Panggah menjelaskan, pembangunan berdaya saing tinggi dan berkesinambungan dalam faktor industri bergantung pada dua faktor, yakni ketersediaan bahan baku dan energi. Dalam pelaksanaannya, gas bumi sangat strategis sebagai bahan baku sekaligus menjadi sumber daya energi.

"Pemanfaatan gas bumi juga sejalan dengan pemerintah mendorong peningkatan nilai tambah produk dalam negeri," ujarnya.

Menurutnya, jika gas bumi bisa diproduksi dan dikelola dengan baik, maka sektor industri juga akan berkembang. Kemenperin menargetkan peningkatan di sektor industri sebesar 7,14 persen dengan bantuan industri migas. "Dengan membaiknya industri migas dan investasi, maka peningkatan bisa mencapai 7,14 persen," ungkap Panggah.

Namun, pihaknya mengakui target tersebut sulit dicapai. Pasalnya, saat ini sektor industri migas belum didukung infrastruktur yang ada. "Meski diprediksi cukup tinggi, sektor industri belum didukung infrastruktur dan biaya investasi yang tinggi, kita juga masih berhadapan daya saing industri," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1277 seconds (0.1#10.140)