Hatta: Tambah impor bawang putih!

Rabu, 13 Maret 2013 - 15:07 WIB
Hatta: Tambah impor bawang putih!
Hatta: Tambah impor bawang putih!
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, pemerintah akan segera mengambil langkah cepat untuk menstabilkan harga bawang putih.

Seperti diketahui, meroketnya harga bawang putih membuat inflasi Februari 2013 sangat tinggi. Bawang putih menyumbang 0,16 persen dari 0,75 persen dan menjadi penyumbang terbesar inflasi Februari.

Melihat stok bawang putih di dalam negeri yang semakin tidak mencukupi, Hatta mendesak Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk segera merealisasikan impor bawang putih.

"Untuk menstabilkan harga bawang yang membuat inflasi tinggi, 0,12 persen dari 0,75 persen, perlu tambahan impor dengan demand yang meningkat," kata Hatta dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Hatta menambahkan, pihaknya akan memanggil Kementan dan Kemendag dalam waktu dekat untuk membahas impor bawang putih. "Rekomendasi impor dari (Kementerian) Pertanian, eksekusi impornya dari (Kementerian) Perdagangan. Ini yang sekarang jadi pembahasan," sambungnya.

Lebih lanjut, Menteri berambut putih ini menggarisbawahi bahwa permasalahan melonjaknya harga bawang putih ini telah menjadi perhatian khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY telah meminta jajaran yang berada di bawahnya untuk segera mengambil tindakan dalam rangka stabilisasi harga bawang putih.

"Presiden minta secepat mungkin dan Kemeendag dan Kementan sedang lakukan diskusi dan kemudian kita masuk ke rakor," pungkas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5352 seconds (0.1#10.140)