Energi baru terbarukan jadi prioritas pemerintah

Selasa, 19 Maret 2013 - 16:59 WIB
Energi baru terbarukan jadi prioritas pemerintah
Energi baru terbarukan jadi prioritas pemerintah
A A A
Sindonews.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berjanji akan memperkuat ketahanan energi nasional dengan memprioritaskan pengembangan energi baru dan terbarukan mengingat cadangan minyak di Indonesia semakin menipis.

Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan bahwa pengembangan energi baru dan terbarukan menjadi prioritas utama pemerintah.

“Energi baru terbarukan jadi fokus utama. Tapi bukan berarti yang lain langsung ditinggalkan,” kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Dia menambahkan, percepatan pengembangan energi baru dan terbarukan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sejumlah pembangkit listrik seperti pembangkit listrik panas bumi (PLTP), pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan pembangkit listrik bio energi serta pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Agar para investor tertarik melakukan investasi di sektor ini, maka pemerintah memberikan insentif dan menaikan harga jual listrik kepada PT PLN (Persero) dari beberapa pembangkit listriknya.

Menteri ESDM, Jero Wacik sebelumnya juga mengatakan, saat ini pemerintah akan memprioritaskan keberadaan energi baru dan terbarukan. Hal itu, lanjutnya untuk menanggulangi subsidi BBM yang terus membengkak serta memeperkuat ketahanan energi.

“Energi baru dan terbarukan akan terus dimaksimalkan,” tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4823 seconds (0.1#10.140)