Bandara baru akan percepat perekonomian DIY

Selasa, 19 Maret 2013 - 17:43 WIB
Bandara baru akan percepat perekonomian DIY
Bandara baru akan percepat perekonomian DIY
A A A
Sindonews.com - Pembangunan bandara internasional di Kabupaten Kulonprogo akan mempercepat pertumbuhan daerah di DI Yogyakarta (DIY). Bandara baru ini akan menghidupkan perekonomian di wilayah Barat dan Selatan.

"Selama ini hanya di utara, timur dan tengah. Bandara ini akan memacu pertumbuhan ekonomi di barat dan selatan," jelas Anggota DPD RI asal DIY, Afnan Hadikusumo, Selasa (19/3/2013).

Menurutnya, batu sandungan terhadap rencana pembangunan harus diatasi. Masalah tanah dan proses ganti rugi harus dipertegas, agar investor mendapatkan jaminan kepastian. Biaya pembebasan sangat tinggi dan harus rasional. Sebab, jika banyak broker tanah, sangat mungkin investor enggan membangun.

Investor, kata Afnan, saat ini sudah jelas akan dikembangkan PT Angkasa Pura dengan GVK dari India. Mereka juga telah membuat master plant dan tahapan. Untuk itulah masyarakat harus memiliki jiwa nasionalisme yang luas, agar tidak terbentur kepentingan sesaat. "Jangan sampai kasus Cheko terulang lagi, mereka kabur karena ada masalah," ujarnya.

Dia mengaku terus melakukan pembicaraan intensif dengan pemerintah pusat. Salah satunya dengan Bappenas yang memegang langsung perencanaan pembangunan bandara. mereka juga yang berkaitan dengan investor yang akan membangun. "Kita terus desak Bappenas untuk merealisasikannya," tandasnya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, pekan depan berencana menyerahkan rekomendasi persetujuan lokasi. Rekomendasi ini akan diberikan kepada PT Angkasa Pura sebagai dasar untuk pengusulan Izin Penetapan Lokasi (IPL) bandara ke Kementerian Perhubungan. "Mudah-mudahan pada 2016 nanti sudah bisa beroperasi," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5127 seconds (0.1#10.140)