KPPU akan panggil 11 importir nakal terkait bawang putih

Jum'at, 22 Maret 2013 - 11:04 WIB
KPPU akan panggil 11 importir nakal terkait bawang putih
KPPU akan panggil 11 importir nakal terkait bawang putih
A A A
Sindonews.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memanggil sejumlah importir yang diduga melakukan praktik kartel. KPPU menduga ada upaya importir melakukan persaingan tidak sehat dalam bisnis bawang putih.

Meski saat ini harga bawang putih mulai turun, namun KPPU melihat masalah tersebut belum tuntas. Penyelidikan terhadap para importir nakal segera dilakukan.

KPPU akan memanggil sebelas importir yang ditengarai sengaja tidak mendistribusikan bawang putih yang sudah diimpor secara legal.

Kepala KPPU Surabaya, Dendy R Sutrisno mengatakan, semua pihak yang terkait dengan masalah naiknya harga bawang putih juga akan diperiksa KPPU.

"Kami sepakat akan melakukan penyelidikan. Jadi, dalam satu sampai dua hari ini, kami akan memanggil pihak-pihak terkait," kata Dendy, Jumat (22/3/2013).

Berdasarkan pantauan di lapangan, walaupun harga bawang putih mulai turun, namun di sejumlah pasar tradisional harga masih belum stabil. rata-rata sekitar Rp30 ribu per kilgram (kg), sedangkan di kawasan pemukiman masih sekitar Rp40 ribu per kg.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5340 seconds (0.1#10.140)